REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK — Ribuan peserta Parade budaya akan memadati Jalan Margonda Depok, Jawa Barat, pada Sabtu (29/4)l mendatang. Parade yang digelar dalam rangka HUT ke-18 Kota Depok ini akan bergerak dari Mal Margo City melintasi Jalan Margonda menuju Balaikota Depok.

Kasat Lantas Polresta Depok Kompol Sutomo mengatakan, untuk parade budaya tersebut direncanakan menggunakan satu jalur mulai dari depan Mal Margo City Depok, Kelurahan Kemiri Muka hingga Balaikota Depok, Kelurahan Depok. Pihaknya pun akan menurunkan 40 personel polisi Satlantas Polres Depok, guna mengamankan penggunaan jalur di sepanjang Jalan Margonda Raya hingga Balaikota Depok.

“Kami akan mengamankan dan mengatur lalu lintas di lokasi jalannya parade budaya,” terang Sutomo di Mapolresta Depok, Rabu (26/4).

Menurut Sutomo, dalam pengaturan lalu lintas, pihaknya juga akan dibantu oleh Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. “Rencana pawai budaya akan dilakukan pada Sabtu (29/4) pagi. Biasanya di Sabtu pagi, pengendara di sekitar Margonda Raya cenderung padat. Karena itu, kami akan merancang peralihan jalur yang akan digunakan,” jelasnya.

Sutomo berharap, parade budaya tersebut akan berjalan lancar. Sehingga dapat menjadi sarana hiburan bagi warga Depok dalam perayaan HUT Kota Depok ke-18. “Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan kenyamanan bagi pengendara dan peserta pawai budaya,” harapnya.

Ketua panitia HUT ke-18 Depok, Sri Utomo menjelaskan dalam parade budaya tersebut, ribuan peserta dari berbagai kalangan dipastikan akan memadati sepanjang Jalan Margonda yang merupakan titik kumpul peserta.

“Kita libatkan ribuan peserta yang terdiri dari seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), instansi vertikal, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), serta seluruh masyarakat Kota Depok di bawah koordinasi kecamatan dan kelurahan,” jelas Sri.

Sri menyebutkan, rute yang akan digunakan berawal di halaman pusat perbelanjaan Margocity dan berakhir di Balaikota Depok. Panjang jalan yang ditempuh sekitar tiga kilometer, dengan menggunakan salah satu jalur di Jalan Margonda mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan selesai.

“Kalau tahun lalu mengambil start dan finish di Balaikota Depok, untuk tahun ini kita balik, yaitu di mulai dari Margocity dan finish di Balaikota Depok. Kali ini hanya satu kali jalan, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi peserta kelelahan karena berjalan cukup jauh dan menghindari kemacetan panjang,” tuturnya.

Dia juga menambahkan, parade budaya kali ini juga akan menampilkan berbagai seni kebudayaan Depok dan daerah lainnya yang tergambar dalam baju adat, tarian, alat musik, makanan khas dari berbagai daerah, serta kendaraan yang dihias agar menarik perhatian warga yang menonton.

Sumber : Republika

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here