JAKARTA, KOMPAS.com – Indonesia terdiri dari berbagai suku, bahasa dan budaya. Dari banyaknya keberagaman itu, Indonesia mempunyai bahasa pemersatu, yakni bahasa Indonesia.

Ternyata, bahasa Indonesia tidak hanya digunakan dan dipelajari oleh warga Indonesia saja, namun banyak warga negara asing yang juga tertarik menguasai bahasa Indonesia dan mempelajari budaya Indonesia.

“Saya sangat menyukai keragaman budaya di Indonesia. Oleh karena itu saya belajar bahasa Indonesia untuk dapat mengenal lebih dalam tentang budaya Indonesia,” ujar salah satu mahasiswa asing asal Italia, Alessia kepada KompasTravel, Minggu (30/4/2017).

“Saya sudah belajar selama 2 tahun, 1 tahun di Italia dan 1 tahun di Indonesia,” tambah perempuan yang punya hobi jalan-jalan ini.

Di Italia, Alessia belajar bahasa Indonesia di Universitas Napoli. Ia menuturkan bahwa di sana terdapat Jurusan Bahasa Indonesia dan bahasa asing lainnya.

Peserta Jelajah Bahasa dan Budaya di Kawasan Kota Tua, Minggu (30/4/2017), diikuti oleh mahasiswa asing yang berasal dari berbagai universitas di Jakarta. (KOMPAS.COM/ALEK KURNIAWAN)

Berbeda dengan Alessia, Pierre yang merupakan mahasiswa yang berasal dari Madagaskar mengungkakan ketertarikannya belajar bahasa Indonesia.

“Saya ingin menjadi pemandu wisata berbahasa Indonesia di Madagaskar. Karena orang Indonesia yang berkunjung ke sana semakin tahun semakin bertambah,” ujar Pierre.

Ada pula mahasiswa yang menjadikan makanan sebagai motivasi belajar bahasa Indonesia. “Saya menyukai makanan Indonesia, makanan Indonesia sangat lezat. Oleh karena itu saya mengejar beasiswa di Indonesia untuk bisa belajar bahasa Indonesia sekaligus makan enak di sini,” ujar Takeru, mahasiswa asal Jepang.

Mahasiswa asal negara tetangga, Malaysia pun tak kalah semangatnya untuk mempelajari bahasa Indonesia.

“Saya menyukai seni modern Indonesia dan ingin mendalaminya, oleh karena itu saya belajar bahasa Indonesia. Buat saya tak begitu sulit untuk belajar bahasa Indonesia, karena mirip dengan bahasa Melayu,” katanya.

Peserta Jelajah Bahasa dan Budaya di Kawasan Kota Tua, Minggu (30/4/2017), diikuti oleh mahasiswa asing yang berasal dari berbagai universitas di Jakarta. (KOMPAS.COM/ALEK KURNIAWAN)

KompasTravel juga mewawancarai mahasiswa asal Iran, Muhammad. Alasannya mempelajari bahasa Indonesia lumayan unik.

“Saya mempelajari bahasa Indonesia karena saya ingin belajar tentang politik di Indonesia. Saya sudah belajar bahasa Indonesia selama 1 tahun dan mungkin akan meneruskan S3 saya di Indonesia dengan mengambil Jurusan Politik,” kata Muhammad dengan semangat.

Alasan yang beraneka ragam dan unik ini merupakan sedikit dari banyaknya warga asing yang tertarik mempelajari bahasa dan budaya Indonesia.

Sumber : Kompas

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here