Depok – Jembatan Kali Krukut di Jalan Pitara, Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat, amblas. Akibatnya, kemacetan parah terjadi di jam sibuk pagi tadi.

Seorang warga Kampung Pitara bernama Rahmat mengatakan jembatan patah di bagian ujung sebelah barat, pada Selasa (2/5/2017) sekitar pukul 06.00 WIB. Sebelum patah dan amblas, sudah terjadi keretakan beberapa hari yang lalu.

“Jembatan ini sudah pernah perbaiki sekitar lima tahun yang lalu. Sekarang patah lagi. Dua hari kemarin sudah retak juga. Patahnya ketahuan sekitar pukul 06.00 WIB baru ketahuan,” ujar Rahmat di lokasi.

Hingga pukul 10.53 WIB, belum ada tampak petugas yang tampak mengatur lalu lintas di lokasi. Akibatnya, sejumlah pengendara protes karena sudah telanjur masuk ke kawasan jembatan yang rusak.

Lalu lintas hanya diatur beberapa warga setempat. Pengendara motor dan mobil terpaksa memutar balik arah. Pengendara yang datang dari arah Cipayung menuju Depok terpaksa berbalik, kemudian melintas ke Jalan Kali Licin lalu ke Jalan Raya Sawangan.

Sedangkan pengendara dari arah Depok yang menuju ke Pitara harus mencari jalan alternatif lain melalui Jalan Cagar Alam atau Jalan Raya Sawangan.

“Sebel juga sudah sampai sini, ternyata ada jembatan putus. Coba tadi di sana sebelumnya ada petugas dishub yang kasih tahu, kan kita nggak sampai sini. jadi muter lagi deh. Mana orang-orang ini yang ngatur jalan pada galak-galak lagi,” ujar Ruswanto, seorang pengendara motor yang datang dari Cipayung.

 

Saat ini, sejumlah petugas Dinas Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) sedang melakukan tindakan darurat perbaikan. Rencananya akan dibuat penghubung darurat agar jembatan dapat digunakan warga melintas.

Kepala Bidang Pemeliharaan Jalan dan Jembatan BMSDS Agus Sopan mengatakan belum diketahui penyebab patahnya jembatan ini.

“Belum tahu nih, kenapa rusak. Ini sedang ditengok,” ujar Agus Sopan di lokasi.

Jalan Pitara merupakan jalan pelintasan dari Depok ke kawasan Pitara, Cipayung dan Citayam. Di waktu jam padat, di sore dan pagi hari, kemacetan lalu lintas sering terjadi di lokasi tersebut.

Sumber: Detik

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here