Sekretaris Dinas Pendidikan Jabar, Firman Adam

Sebanyak 4.800 SMA/SMK/MA di Jawa Barat bakal mengumumkan hasil kelulusan perserta didiknya secara serentak pada Selasa (2/5/2017) pukul 13.00 WIB.

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat memperkirakan hasil kelulusan peserta didik di Jabar mencapai 99,99 persen, dengan jumlah peserta Ujian Nasional (UN) SMA/SMK/MA  pada 2016/2017 mencapai 581 ribu siswa.

“Untuk hasil kelulusan hari ini akan diumumkan di sekolah mulai pukul 13.00. Kami memprediksi kelulusan siswa SMA/SMK dan MA di Jabar bisa mencapai angka 99,99 pesen. Kelulusan siswa tidak lagi hanya ditentukan oleh UN  namun ditentukan oleh tiga hal dan ketentuan kelulusan pun ditentukan sekolah,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Jawa Barat, Firman Adam di ruang kerjanya, Selasa (2/5/2017).

Menurut Firman, indikator penilaian kelulusan siswa dilihat dari tiga aspek nilai yaitu pertama, ketuntasan siswa mengikuti pelajaran dari semester pertama (kelas X) hingga semester akhir (kelas XII); kedua, nilai dari perilaku siswa terkategori “baik” di sekolah; dan ketiga, yakni nilai ujian sekolah atau UN.

“Nanti ketiga aspek nilai tersebut digabungkan untuk menjadi penentuan kelulusan yang ditetapkan dalam rapat dewan guru,” ucapnya.

Firman menambahkan untuk nilai UNKP dan UNBK siswa di Jabar sudah didistribusikan ke sekolah-sekolah pada hari Sabtu (29/4/2017) , sementara untuk hasil UN Paket C dan kesetaraan hingga saat ini masih diolah di Kemendiknas.

Saat ini, Firman mengaku bahwa Disdik Jabar sedang menunggu hasil kelulusan dari seluruh sekolah untuk kemudian dirangkum dan dipresentasikan terkait jumlah kelulusan di Jawa Barat.

“Dari kelulusan itu akan diberikan sekolah ke Disdik Jabar nanti sore atau paling lambat besok pagi. Baru bisa kami presentasikan kelulusan di Jabar. Namun saya yakin kelulusan ini
(di Jabar) bisa mencapai 99.99 persen atau seluruh siswa peserta ujian dinyatakan lulus,” jelas Dia.

Dalam kesempatan ini, Firman menyampaikan hasil laporan dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional (Balitbang Kemendiknas) yang terkait hasil indeks integritas kejujuran siswa di Jabar meningkat, namun, pihaknya belum dapat menyebutkan presentasi angka karena masih dilakukan pengolahan secara nasional.

Sumber: Tribun News

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here