JAWA Barat memiliki banyak sekali objek wisata. Walaupun mayoritas daerahnya berada di dataran tinggi, obyek wisata pantai di Jawa Barat tidak kalah bagus dengan pantai-pantai di daerah lain. Bila Anda hanya mengetahui Pantai Pangandaran sebagai pantai terkenal di Jawa Barat. Mungkin Anda perlu mengunjungi pantai-pantai Jawa Barat lainnya di bawah ini yang tidak kalah indah.

 

1. Pantai Batu Karas

Bagi Anda yang ingin wisata air ekstrim tapi tidak suka keramaian, Pantai Batu Karas dapat menjadi alternatif liburan Anda selanjutnya. Pantai ini masih satu garis pantai dengan Pantai Pangandaran, jadi tidak akan sulit untuk menemukannya. Pantai dengan hamparan pasir hitam ini kerap disebut sebagai ‘Bali’ nya Jawa Barat karena ombak yang memesona para peselancar. Terdapat tiga tempat yang wajib Anda coba untuk berselancar di sana yaitu Bulak Pendak, Legok Pari, dan Karang.

Akses menuju Pantai ini cukuplah mudah. Jika menggunakan kendaraan umum, Anda dapat menumpang bis menuju Pangandaran hingga tiba di Terminal Pangandaran. Perjalanan dilanjutkan dengan menumpang bis menuju Terminal Cijulang, dari sana Anda dapat menyewa ojek untuk menuju bibir pantai.

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, dari Tol Purbaleunyi Anda keluar di Gerbang Tol Cileunyi. Ambil jalan menuju Rancaekek hingga Anda tiba di Nagreg. Setelah itu masuk ke jalan ByPass Cicalengka menuju ke Kota Garut, dilanjutkan ke Jalan Garut-Tasikmalaya hingga Anda memasuki Keamatan Sukaraja. Selanjutnya Anda masuk ke Jalan Salopa hingga Anda masuk ke daerah Cikotamas.

Tiba di persimpangan Cimerak, belok kiri menuju daerah Pangandaran. Tiba di Pangandaran, Anda tinggal mengambil Jalan Batu Karas untuk menuju bibir pantai.

 

2. Pantai Rancabuaya

Masih kawasan pantai selatan, kali ini di daerah Garut ada Pantai Rancabuaya. Keistimewaan pantai ini Anda dapat melihat air terjun yang langsung menghadap pantai. Air di pantai ini sangat jernih, jika sedang surut Anda dapat melihat banyak ikan kecil berenang di antara karang.

Pantai Rancabuaya merupakan pantai yang langsung menghadap Samudera Hinda, karena itu ombak di sana cukup besar. Selain itu, karang yang mendominasi di bibir pantai pun membuat pantai ini kurang aman untuk berenang. Walaupun begitu, pantai ini memiliki pemandangan matahari tenggelam yang sangat indah. Anda dapat berkeliling atau bermain air sembari menunggu waktu malam tiba.

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, jalur Pangalengan-Rancabuaya kerap menjadi rekomendasi. Selain jalannya yang bagus, pemandangannya menjadi nilai tambah sehingga dijamin Anda tidak akan bosan selama perjalanan menuju pantai.

Selain jalur pangalengan, Anda dapat mengunakan jalur Ciwidey, masuk ke daerah Cibadak lalu mengikuti Jalan Raya Cidaum hingga tiba di daerah Rancabuaya. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, Anda tinggal ke Terminal Cicaheum untuk menumpang bis menuju Rancabuaya. Tiba di Rancabuaya Anda tinggalmenyambung dengan ojek untuk ke bibir pantai.

 

3. Pantai Cimaja

SEORANG peselancar saat beraksi mengatasi ganasnya gelombang di Pantai Cimaja, Pelabuhanratu, Kab. Sukabumi.*

Anda hobi berselancar air atau memiliki ketertarikan khusus dengan olahraga ekstrim tersebut? Kalau begitu, Anda harus mengunjungi Pantai Cimanja di Sukabumi. Pantai ini sangat terkenal dikalangan pecinta selancar air baik domestik maupun mancanegara.

Dimulai sejak kemenangan Dede Suryana, peselancar asal Cimaja, dalam kejuaraan Todd Chesser Memorial Contest 2003 di Hawaii. Kemenangannya ini cukup mengejutkan karena ia berhasil mengalahkan peselancar legendaris Robert Kelly Slater. Berkat kemenangannya ini Pantai Cimaja menjadi terkenal hingga ke mancanegara dan kerap menjadi tempat acara selancar air berskala nasional maupun internasional.

Anda dapat menumpang bis menuju Sukabumi. Tiba di terminal Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menumpang bis menuju Palabuhan Ratu, dari terminal pelabuhan ratu Anda naik angkot jurusan Cisolok. Turun di Cimaja.
Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, dari Tol Purbaleunyi ambil jalan menuju Padalarang. Lanjutkan perjalanan hingga ke daerah Sukabumi dengan menggunakan jalur lingkar selatan. Selanjutnya ambil Jalan Pamuruyan-Leuweung Datar hingga masuk ke daerah Citarik. Lanjutkan perjalanan dengan mengambil jalan menuju Cipatuburan, dari sana Anda tinggal mengikuti perjalanan menuju pantai.

Berbeda dengan pantai-pantai lain di Palabuhan Ratu, Pantai Cimaja memiliki papan nama yang terbuat dari beton. Papan tersebut tertulis “Lokasi Surfing Taman Objek Wisata Cimaja, Pelabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat”. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menemukan lokasi pantai berbatu ini.

 

4. Pantai Cirewang

Jika Anda berada di daerah Subang, mampirlah ke pantai utaranya. Memang beberpa waktu lalu pantai utara subang seperti Pantai Pondok Bali dan Pantai Patimban dilanda abrasi air laut. Namun, pemerintah Kota Subang merekomendasikan pantai baru di utara Subang, Pantai Cirewang.

Pantai ini terbentuk karena peristiwa alam. Dahulu, pantai ini hanyalah hamparan laut lepas. Sekitar 13 tahun lalu muncul timbunan tanah yang semakin lama semakin membesar hingga menjadi tanjung. Menuju Pantai Cirewang Anda diwajibkan menumang kapal nelayan untuk melewati hamparan hutan bakau terlebih dahulu. Pantai ini masih jarang dikunjungi wisatawan, karenanya keindahan pantai ini masih terawat hingga kini.

Jika ingin ke Pantai Cirewang dari Bandung, Anda dapat menggunakan dua jalur alternatif. Pertama lewat jalur Lembang-Subang lalu terus saja hingga ke daerah pantai utara Subang. Alternatif kedua, Anda dapat mengambil jalur Tol Purbaleunyi lalu mengambil jalur Tol Cipali dan keluar di Cikopo. Setelah itu, ambil Jalan By Pass Jomin hingga masuk ke daerah Pantura. Setelah itu belok kiri untuk mengambil Jalan Pondok Bali. Tiba di daerah pantai utara, Anda tinggal menyeberang dengan kapal melewati hutan bakau menuju Pantai Tanjung Cirewang.

 

5. Pantai Palangpang

Pantai Ciletuh merupakan pantai di daerah Sukabumi. Bila Sukabumi terkenal dengan pantai-pantainya di daerah Palabuhan Ratu, pantai di daerah Ciletuh ini tak kalah bagus mengingat ia masuk ke dalam kawasan Geopark Ciletuh. Selain bermain di pantai Anda pun dapat mengunjungi tempat wisata lain di Ciletuh. Garis Pantai Palangpang menyerupai tapal kuda, berpasir bersih tanpa karang , dan memiliki ombak yang cukup tenang. Anda dapat menikmati suasana atau berenang di pantai ini.

Menuju pantai ini Anda dapat menggunakan akses Tol Purbaleunyi dan keluar di Padalarang. Lalu, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Sukabumi dengan jalur Lingkar Selatan. Ambil Jalan Waluran Marelang menuju Ciletuh. Lokasi pantai ini sendiri masuk ke dalam kawasan Geopark Ciletuh. Jadi mudah bagi Anda menemukan Pantai Ciletuh. (Bella Dani)***

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here