Empal gentong

CIREBON – Bulan April 2017 ada dua kali long weekend. Nah, pas long weekend tanggal 22 April lalu kami pergi ke kota Cirebon, Jawa Barat.

Jujur sudah cukup lama kami tidak wisata kuliner. Jadi pas berangkat kami sangat semangat sekali, dan tentu sudah punya beberapa daftar tempat makan yang wajib dicoba.

Pertama kami mampir ke Empal Amarta di Plered. Jadi kalau Anda melewati tol Cipali nanti keluar tolnya di Plumbon.

Empal Amarta ini hanya berjarak beberapa meter saja dari Empal H Apud.

Empal Amarta di Plered.

Kalau Empal H Apud dulu kami sudah pernah coba dan sudah pernah diulas. Kali ini kita coba yang belum pernah.

Siang itu kami memesan sate kambing, empal gentong, dan empal asem.

Empal gentong di Amarta juga direkomendasikan oleh beberapa teman asal Cirebon. Jadi menurut saya memang perlu dicoba.

Empal asem.

Nah untuk sate kambingnya saya lupa pesan pakai sambal kecap, karena di Cirebon kebanyakan penjual sate kambing sambalnya campur antara sambal kecap dan sambal kacang.

Bagaimana dengan sate kambingnya? Dagingnya tergolong empuk lho. Cuma memang dalam satu tusuk berisi daging dan lemak. Harga 10 tusuk sate kambing Rp 37.000.

Untuk empal gentongnya saya suka. Kuahnya tidak terlalu berminyak, kuahnya gurih banget dan dagingnya empuk. Harga seporsi empal gentong Rp 23.000.

Sate kambing

Kalau empal gentong memang cocoknya menggunakan sambal bubuk merah yang sudah menjadi khas sambal untuk menu empal gentong.

Bagaimana rasa empal asem? Ini juga enak, kuahnya bening, rasanya asam segar dengan potongan tomat. Ini juga enak, dagingnya pun empuk.

Sumber: Kompas

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here