Ratu Silvia dan Raja Carl XVI Gustaf dari Swedia

Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil mengatakan, kedatangan Raja Swedia ke Bandung merupakan buah promosi Pemerintah Kota Bandung. Selama ini, Pemerintah Kota Bandung aktif mempromosikan perubahan-perubahan yang terjadi di ibu kota Asia Afrika itu.

Raja Swedia ke Bandung akan menggunakan kereta api dari Jakarta untuk menikmati pemandangan tatar Sunda. Di Stasiun Bandung mereka disambut Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial, dan Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto.

Selanjutnya, rombongan Raja Swedia menuju Pendopo Kota Bandung bertemu Wali Kota Bandung  Ridwan Kamil. Agendanya yakni jamuan makan siang, bertemu dengan viking se-Jawa Barat, mengunjungi Museum Konperensi Asia Afrika, dan mengikuti seminar inovasi dan teknologi di Institut Teknologi Bandung. Alumni Universitas Swedia yang ada di Bandung akan turut serta.

Terkait diundangnya viking, Ridwan mengatakan ada kaitan erat antara viking dan Raja Swedia. “Viking itu kan asli Swedia. Itu hasil pembicaraan dubes Swedia yang terkesan dengan viking di Indonesia, nama suporter bola di kota Bandung. Akhirnya disepakati dan boleh bertemu,” kata dia.

Buka pasar

Ridwan menargetkan terjadi kerja sama teknologi informasi dan kreativitas desain. Bandung berkepentingan dalam teknologi digital smart city dan usaha kecil menengah berbasis ekonomi kreatif.

“Ikea (perusahaan furnitur skala internasional) sedang serius menghubungi kami membuka pasar furnitur di sini. Kami juga ingin transfer knowledge desainer Skandinavia khususnya Swedia bisa ke Bandung karena kreativitas di Bandung kan nggak kalah ya, bagaimana menembus pasar dunia,” tutur dia.

Sebelum ke Bandung, Raja dan Ratu Swedia rencananya akan diterima oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Bogor pada hari pertama. Sejumlah kunjungan akan dilakukan di Jakarta dengan agenda pembahasan bisnis dan budaya. Raja dan Ratu Swedia pun akan mengunjungi Kota Tua.

Rabu, 24 Mei 2017, barulah raja dan ratu dijadwalkan ke Kota Bandung disambut Ridwan Kamil. Setelah makan siang diiringi pertunjukan musik tradisional angklung, ini agenda raja dan ratu di Bandung.

 

Sumber: Pikiran-Rakyat

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here