Kini warga Desa Wogalirit, Kecamatan Doreng, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) bisa berbahagia. Setelah menunggu selama 72 tahun untuk bisa menikmati listrik, kini mereka bisa merasakan hal yang mereka nantikan selama ini.

PLN Wilayah bersama jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sikka telah meresmikan penyalaan listrik desa pada Rabu (14/6).

Kepala Kecamatan Doreng, Valerius Samador Conterius mengungkapkan kegembiraannya karena warga desa telah bisa menikmati listrik.

“Kami sekarang bisa charge HP dan barang elektronik lainnya masing-masing di rumah, yang dulunya kami harus ke rumah orang yang menyewakan charge. Dengan adanya listrik ini kami juga bisa dapat informasi dari dunia luar,” ungkap Valerius.

PLN memang terus berupaya mengalirkan listrik ke seluruh desa di NTT. Untuk Kabupaten Sikka, Flores Timur, tercatat telah ada 122 desa yang teraliri listrik.

Dalam keterangan resminya pada Jumat (16/6), General Manager PLN Wilayah NTT Richard Safkaur menegaskan pihaknya bertugas untuk melistriki seluruh desa yang belum berlistrik di NTT. Dan itu merupakan mandat langsung dari Presiden Jokowi.

“PLN akan terus gencar melistriki seluruh desa di NTT,” kata Richard.

Saat ini, PLN sedang membangun jaringan tegangan menengah (JTM) sepanjang 130,490 kilometer sirkit (kms) dan jaringan tegangan rendah (JTR) sepanjang 96,067 kms. Selain itu, gardu sebanyak 36 buah dengan total kapasitas 1.225 kilo Volt Ampere (kVA) juga sedang dibangun PLN di Kabupaten Sikka.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here