Pemerintah Presiden Jokowi, melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menuntaskan pembangunan Bendung Progo Pristan di Kabupaten Temanggung. Bendung ini bisa mengairi lahan potensial seluas 1.108 Ha yang disalurkan melalui saluran irigasi primer sepanjang 12,5 Km.

Proyek ini merupakan bagian dari  upaya pemerintah mengembangkan Daerah Irigasi Progo Pristan tahun 2016-2018. Tujuannya, mendukung ketahanan pangan di Temanggung.

Seperti yang dilansir dalam sebuah rilis, alokasi dana yang dibutuhkan guna membangun bendung ini mencapai Rp 107,4 miliar dan manfaatnya dirasakan oleh sekitar 1.500 petani di Temanggung. Dengan bendung ini seluruh petani itu bisa meningkatkan intensitas panen menjadi 2 kali dalam setahun.

Perbaikan juga dilakukan pemerintah terhadap saluran tersier sepanjang 141,9 meter dengan tujuan agar saluran itu bisa mengairi areal sawah seluas 41 hektar. Areal ini merupakan bagian dari Daerah Irigasi Pupu.

Perbaikan saluran irigasi ini merupakan salah satu dari Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI). Program ini dilakukan pemerintah guna mencapai target pembangunan irigasi baru secara nasional hingga mencapai 1 juta hektar dan rehabilitasi irigasi seluas 3 juta hektar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here