Pemerintah Kabupaten Ciamis segera melakukan lelang jabatan (open bidding) untuk posisi Sekretaris Daerah. Sementara itu Sekretaris Daerah yang saat ini menjabat, Herdiat Sunarya, juga masih diberi kesempatan untuk ikut mendaftar pada posisi yang sama.

“Saya tegaskan tidak ada pemberhentian (Sekda).  Memang berakhirnya masa jabatan selama 5 tahun. Sekda yang lama juga terbuka kesempatan untuk ikut tes lelang jabatan. Pak Herdiat kan masa jabatannya berakhir pada 29 September 2017,” tutur Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin, Kamis 3 Agustus 2017.

Dia mengatakan, akan segera mempersiapkan dibukanya lelang jabatan. Apalagi dengan sudah diterimanya surat  izin dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Komisi Aparatur Sipil Negara. Sesuai ketentuan, posisi Sekda termasuk yang harus dilelang atau open bidding.

“Beberapa hari ke depan mulai dilakukan open bidding. Sesuai aturan, terbuka. Sepanjang memenuhi persyaratan, siapa pun dapat mendaftar. Teknisnya ada di Badan Kepegawaian Daerah (BKD),” kata Iing Syam Arifin.

Jabatan Sekda harus dilelang

Iing menjelaskan, seuai dengan UU tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), untuk posisi jabatan tinggi pratama eselon IIB mauun IIA, proses pengisiannya harus melalui lelang jabatan. Dengan adanya lelang jabatan tersebut, maka dimungkinan pejabat dari luar Ciamis yang ikut mendaftar.

“Lelang jabatan itu terbuka. Dengan demikian tidak hanya pejabat Ciamis yang dapat mendaftar, akan tetapi dari luar daerah juga punya kesempatan yang sama,” tuturnya.

Berkenaan dengan kriteria sosok yang diharapkan, Iing Syam Arifin menegaskan, pada prinsipnya harus menguasai teknis adminsitrasi pemerintahan. Hal ini berkenaan dengan tugas utama Sekda dalam bidang adminsitrasi pemerintahan.

“Sebenarnya standar saja, selain memiliki kompetensi, integritas, juga profesional dalam bidang pekerjaannya. Dengan demikian, ukuran atau patokannya sudah jelas,” tuturnya.

Soal kemampuan, lanjutnya, dapat dilihat dari hasil tes umum, serta beberapa tes lain yang wajib diikuti oleh calon. Sebelum membuka pendaftaran lelang jabatan, akan diawali dengan pembentukan panitia seleksi, yang bertugas melakukan penjaringan bakal calon.

Seperti diketahui, masa jabatan Sekda Ciamis saat ini, Herdiat Sunarnya berakhir 29 September 2017. Saat ini yang bersangkutan juga termasuk salah seorang bakal calon bupati Ciamis periode 2018 -2023. Pilkada Ciamis bakal berlangsung Tahun 2018.

Kekosongan posisi jabatan Sekretaris Daerah juga terjadi di Kota Banjar.  Kekosongan tersebut terjadi mulai Bulan Maret 2017, seiring dengan berakhirnya purna tugas pejabat yang lama, Fenny Fahrudin. Lelang jabatan Sekda, dilakukan bersamaan dengan sembilan jabatan lain setingkat kepala dinas dan badan.

 

Sumber : Pikiran Rakyat

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here