Kegiatan Sawala Kebangsaan Indonesia Nation Spirit Masyarakat Adat dan Budaya Sunda 2017 yang digelar Polda Jawa Barat (Jabar) mulai Jumat (11/8) hingga Minggu (13/8), diapresiasi sangat positif oleh kalangan budayawan Sunda.

Ira Indrawardana, salah satu budayawan Sunda yang turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut mengatakan kegiatan Sawala ini membuktikan kecintaan Kapolda Jabar Irjen Pol Anton Charliyan pada kebudayaan Sunda.

Dan hal ini harus dilanjutkan oleh siapapun Kapolda Jabar nantinya. Sebab, lanjut Ira, Sawala adat ini memiliki arti penting, karena merupakan sinergi antara Polda Jabar dengan para budayawan dan tokoh adat Sunda dalam menjaga nilai-nilai kebangsaan.

Melalui Sawala ini, Polda Jabar berupaya menyambungrasakan perasaan dengan para budayawan dan tokoh adat mengenai beragam permasalahan, terutama radikalisme dan terorisme yang semakin merajalela di negeri ini.

“Langkah Polda Jabar ini penting, karena adat budaya Sunda sebenarnya punya formula untuk menangkal hal-hal semacam radikalisme dan terorisme,” ujar budayawan dari masyarakat Adat Karuhun Urang (AKUR) Sunda Wiwitan Cigugur, Kuningan tersebut.

Sawala ini pun tak berhenti hanya sebatas pertemuan selama tiga hari tersebut saja. Ira mengatakan, seluruh peserta alumni dari kegiatan ini akan mendapat tugas sebagai Jagabaya Linggamanik.

Tugas ini sendiri berangkat dari kesadaran bersama antara Polda Jabar dengan para budayawan untuk menangkal hal-hal yang mengganggu nilai-nilai kebangsaan akhir-akhir ini. Seluruh alumni Sawala akan membangun kebersamaan untuk menguatkan nilai-nilai adat budaya Sunda guna mengantisipasi dan menanggulangi berbagai gangguan kebangsaan.

“Nantinya para Jagabaya Linggamanik ini menjadi mitra Polda Jabar dan kepolisian secara umum dalam mendeteksi sejak dini masalah-masalah seperti radikalisme, terorisme dan gerakan-gerakan anti Pancasila yang akan merongrong keutuhan NKRI yang Bhinneka Tunggal Ika,” ujarnya.

Sawala ini diikuti oleh sekitar 880 budayawan dari berbagai komunitas kesundaan di Jawa Barat. Selain itu, sebanyak 22 Polres Kota dan Kabupaten yang ada di Jawa Barat juga turut berpartisipasi dalam Sawala ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here