MOMEN bersejarah bangsa Indonesia berlangsung setiap tahunnya dan diperingati setiap 17 Agustus. Hari kemerdekaan bangsa Indonesia ini diisi dengan berbagai aktifitas masyarakat, salah satunya dengan menggelar berbagai perlombaan.

Aktifitas yang khas ini melibatkan semua masyarakat dari berbagai kalangan usia maupun gender. Satu lomba yang kerap dinanti ibu-ibu adalah lomba membuat dan menghias nasi tumpeng.

Ya, lomba yang satu ini jadi favorit para ibu rumah tangga karena mereka bisa saling beradu menunjukkan bakat dan talenta dalam hal mengolah masakan khas Indonesia. Ternyata lomba membuat nasi tumpeng merupakan tradisi yang berlangsung sejak lama dan harus terus dilestarikan.

“Ciri khas masyarakat saat menggelar perayaan Agustusan memang banyak. Bukan hanya jadi ajang kompetisi tapi juga sekaligus melestarikan budaya. Kalau bidang kuliner betul salah satunya membuat nasi tumpeng,” kata Chef Ari Galih saat ditemui Okezone di Jakarta.

Pria ramah yang mengenyam pendidikan perhotelan di luar negeri ini lebih lanjut mengatakan bangga dengan tradisi ini karena banyak hal positifnya. “ Saya bilang sarat hal positif karena apa, karena setampah nasi tumpeng itu punya banyak arti. Nasi tumpengnya punya filosofi sendiri, lauk pauk pendampingnya juga merupakan makanan khas Indonesia dari berbagai daerah yang disatukan dalam satu wadah. Belum lagi proses pembuatannya yang bergotong royong, semua menggambarkan kecintaan pada Tanah Air. Apalagi setelah lomba selesai bisa dimakan bersama,” jelas Chef Ari panjang lebar.

Suami dari desainer Jenahara ini menganggap perlombaan yang tujuannya melestarikan tradisi dan budaya harus terus dilakukan bahkan lebih diperbanyak dan jangan hanya menunggu momen 17 Agustus.

“Boleh menunjuk 1 tema misalnya nasi tumpeng tapi kan ibu-ibu sekarang sangat kreatif mereka akan bikin nasi tumpeng yang unik-unik, misalnya menggunakan nasi merah dan putih, siapa yang tahu. Ide akan tergali jika ada sarana dan fasilitasnya. Momen Agustusan bisa jadi satu sarana,” lanjut Chef Ari.

Menurutnya, banyak kuliner Indonesia yang bisa dijadikan ajang perlombaan. Hal yang harus diperhatikan saat menggelar lomba ini adalah keaslian rasa, boleh saja orang membuat bentuk dan tampilan yang semenarik mungkin, namun rasa harus jadi hal yang diutamakan.

 

Sumber : Okezone News

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here