Pasar Pagi di Kota Cirebon menjadi tempat blusukan calon Gubernur Jawa Barat, Tb Hasanuddin atau akrab disapa Kang Hasan pada Kamis (18/1). Salah satu tujuannya adalah untuk mengecek harga kebutuhan pokok. Selain itu, Kang Hasan juga ingin berbicara dengan para pedagang dari hati ke hati.

“Saya tidak banyak teori, bagaimana kita hadir menjadi pemimpin yang bisa membuat kebaikan dan kebahagiaan buat pedagang dan masyarakat umumnya,” kata Kang Hasan di Cirebon, sebagaimana dikutip Antara.

Dalam kunjungan yang memperoleh sambutan hangat dari pedagang dan pengunjung pasar tersebut, Kang Hasan sempat dicurhati pedagang terkait kenaikan harga sembako.

Mendengar curhatan tersebut, Kang Hasan pun mengatakan bahwa salah satu alasan dirinya maju menjadi Cagub adalah agar teman-teman pedagang bisa memperoleh barang dagangan dengan mudah serta nyaman dalam berdagang.

Ya, tak keliru apabila Kang Hasan menaruh perhatian besar pada harga sembako dengan melakukan blusukan ini. Sebab persoalan itu menyangkut hajat hidup rakyat banyak. Dan persoalan kenaikan harga juga terkait erat dengan panjangnya mata rantai pasokan pangan.

Bukan rahasia apabila mata rantai pasokan pangan saat ini panjang sekali. Dari petani, produk pertanian jatuh terlebih dahulu ke tangan perantara atau pengepul. Dari pengepul, produk pertanian masuk ke pasar induk, dan kemudian baru didistribusikan ke pengecer di pasar-pasar tradisional.

Maka, tekad Kang Hasan untuk memudahkan pasokan pangan menjadi sangat relevan. Meski upaya ini kemungkinan akan terbentur oleh para tengkulak yang berkepentingan agar mata rantai distribusi tetap panjang. Namun, tentu tidak akan ada kepentingan yang lebih besar dari kepentingan rakyat banyak bagi sebuah kepemimpinan kerakyatan.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here