Jawa Barat memiliki lahan pertanian yang luas. Oleh sebab itu, Jawa Barat  bisa memasok dan bahkan mengekspor bahan  pangan.  Jawa Barat pun diberi gelar Lumbung Padi Nasional.

Akan tetapi berbagai persoalan terus mengancam pertanian di Jawa Barat, seperti masalah irigasi, penyusutan lahan pertanian akibat modernisasi dan alih fungsi lahan menjadi properti ataupun industri. Belum lagi jumlah petani yang kian menyusut mengingat suramnya masa depan petani. Padahal keberadaan petani dan ketahanan pangan penting untuk ketahanan nasional.

Karena itulah Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Hasanuddin Anton Amana (HASANAH) memberikan perhatian khusus terhadap petani dan ketahanan pangan dengan menggulirkan JabarSebeuh.

Calon Gubernur (Cagub) Jawa Barat (Jabar), Kang Hasan saat menemui Petani Di Cilangkap, Kecamatan Sukamulia, Kabupaten Purwakarta, Selasa (7/3) memaparkan JabarSeubeuh merupakan program yang diarahkan untuk memberikan akses kepada masyarakat untuk memperoleh pangan yang layak dan cukup.

Langkah-langkah yang akan dilakukan program JabarSeubeuh , kata Kang Hasan, pertama-tama adalah memperbaiki irigasi dalam rangka dukungan terhadap pasokan air di daerah pertanian. Selanjutnya adalah memberikan subsidi pupuk dan sarana pertanian dan bibit untuk petani secara gratis. Ini penting agar petani tidak merugi dan  berdaya. Selain itu pihaknya akan menyiapkan program pinjaman modal untuk petani dan nelayan tanpa agunan melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Bumdes dan kelompok tani.

“Agar petani kita bisa memiliki sejajar dengan para tengkulak sehingga ada keadilan antara petani dan konsumen dengan memotong para spekulator,” ungkap Kang Hasan yang berpasangan dengan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jabar, Anton Carliyan (Kang Anton).

Selain itu pihaknya juga akan meningkatkan pendapatan petani melalui pelatihan usaha kelompok tani dan nelayan yang bisa memproduksi produk turunan dari hasil taninya.

“Sehingga bisa memberikan perlindungan yang baik kepada petani dan nelayan yang berbasis ekspor,” jelasnya.

Selain untuk petani Program JabarSebeuh juga akan diarahkan untuk nelayan dan peternak. “Pokoknya Untuk ketahanan pangan ini, kita sangat konsen. Masyarakat Jabar kudu Sebeuh gak boleh ada yang kelaparan,” jelas Kang Hasan.

Seperti diketahui, Kang Hasan memiliki 7 program unggulan yang terdapat di Sewelas Asih . Diantaranya, BogaGawe , Jabar Sebeuh , Jabar Cageur, Sakola Gratis, Imah Reumpeug , Turkamling dan molotot.com.

Ditempat sama, Ketua Gapoktan Cilangkap, Ahmad mengaku sangat mendukung 7 program unggulan Kang Hasan. Salah satunya JabarSeubeuh , karena bisa membantu petani Kabupaten Purwakarta yang kesulitan irigasi air dan harga jual yang menurun.

“Saya yakin Kang Hasan bisa membawa perubahan lebih baik di Jabar dengan mensejahterakan rakyat,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here