Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Depok Hendrik Tangke Allo (baju putih) bersama tim pemenangan Hasanah di Kota Depok
Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Depok Hendrik Tangke Allo (baju putih) bersama tim pemenangan Hasanah di Kota Depok

Tim pemenangan pasangan TB Hasanuddin – Anton Charliyan (Hasanah) telah membuka posko pengaduan bagi masyakarat yang telanggar hak pilihnya dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018 maupun pemilu legislatif dan Presiden pada 2019. Artinya, masyarakat yang sudah memenuhi syarat untuk menggunakan hak suara, namun belum terdaftar sebagai pemilih bisa mengadu ke posko ini.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Depok, Hendrik Tangke Allo mengatakan posko tersebut didirikan untuk mengakomodasi hak politik warga yang merasa belum terdaftar sebagai pemilih.

Menurutnya, upaya ini dilakukan untuk memastikan semua pemilih mendapatkan hak suaranya.

“Pemilu ini kan merupakan hak konstitusional rakyat, karena itu kami ingin menjamin hak tersebut dipenuhi oleh penyelenggara pemilu,” ujar pria yang akrab disapa HTA itu.

Pembuatan Posko ini, lanjut HTA, dikarenakan pihaknya ingin memastikan seluruh masyarakat Jabar memiliki hak pilih dalam Pilkada serentak 2018, Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019. Oleh karena itu, pihaknya membuka pintu selebar-lebarnya bagi masyarakat yang tidak punya hak pilih karena belum terdaftar dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk melapor.

“Tak hanya di Depok, tapi di tiap kota/kabupaten pun tim kami membuka posko pelaporan ini. Sebab ini untuk memperjuangkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pesta demokrasi,” papar pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Depok tersebut.

HTA juga mendorong masyarakat yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih agar turut berperan aktif dalam proses pemilu. Sebab dengan peran aktif warga yang punya hak politik, pemilu kali ini diharapkan bisa lebih berkualitas,.

Untuk diketahui, berdasarkan hasil penetapan Rapat Pleno KPU Jabar di Bandung pertengahan Maret lalu, total DPS untuk Pilgub Jabar mencapai 31.708.330. Sedangkan, untuk DPS Kota Depok dalam Pilgub Jabar 2018 mencapai 1.157.560 pemilih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here